6.8.15

Jalan-Jalan sambil Belajar atau Belajar sambil jalan-jalan? #Pare-kediri



Tetiba pengen share pengalamanku yang satu ini menjelajah Kediri atau ngehitts nya kampoeng enggriss (baca:inggris). Berawal dari rasa penasaranku tentang metode yang dipake sama mentor2 di kampung inggris Pare dan cara beajar yang dipke
disna aku nekad mengambil cuti dua minggu kesna. Saat itu ak sedang masa ndak jelas, maksudnya otakku hahha…Awalny sih iya engga yah buat kesna, soalnya disisi lain ak juga ga enak ninggalin kerjaan. Tapi otakku bisa jebol klo bertahan terus di yogya, itu2 saja yang aku lihat & kerjakan. Alhamdulillah bosku pengertian, bahkan nyuruh aku buat pergi ketempat yang sepi dan menonaktifkan smua gadget. Kayaknya bsku uda melihat tanda2 ketidakwarasanku..haishhh..
Oke, pagi2 aku sudah ke stasiun Tugu diantar temen kosku namanya Nining Nadya Rukmana Sari (mhsiswa S2 komunikasi UGM yang hoby travelling). Yuup dengan naik kereta Maliboro express ak sampe juga distasiun Kediri sekitar jam 1 siang. Oiya kereta Malioboro express ini kereta jurusan yogya-Malang, ada gerbong exe dan bisnis dalam stu rangkaian, jadi bisa milih mau di gerbong yang mana, tergantung kocek anda2 smua gan… hehehe. Turun dari kereta bingung sendiri, ini kearah mana yah? Pasang tampang sok tau pokoknya, jangan sampe keliatan kebingungan, takutnya yang tidak baik mendekat. Tapi masih di Indonesia kok, jadi kalopun nyasar masih bisa nanya sana sini. Tetiba ada yang memanggil dari belakang “mb eki….”,,taraaaa..berbalik arah,,jreng2  ternyata ada mahaiswa UPN yang pernah KP dikntorku lama..wuahhahah…beruntunglah dapet temen juga…
Cuss keluar dari stasiun disambut hujan, weleh-weleh mana ga bawa payung trus ternyta keluar stasiun juga harus jalan dikit buat dapet angkot. Tapi akhirnya ak naik becak buat menuju ke temat parkir angkot2. Jangan salah disana akan banyak menemui manusia2 bergaya ala backpacker dengan tas gunung dan koper ala2 miss travelling…Dari stasiun menuju kampoeng inggris Pare luamyan juga, hamper 1,5 jam. Waktu itu ongkosnya 25rb (katane itu mahal), tapi sopirnya baik, diantar sampe depan tempat kursus. Turun dari angkot ak langsung ke tempat kursus, karena ak sudah reserve camp dan les apa aja yang mau ak ikuti. Busett..ramenya bak berasa pasar ikan di pagi hari. Waktu itu lembaga kursus yang aku pilih Elfast, karena konon di tempat ini buat bljr Grammar cukup capable.
Menuju meja admin, trus cek kelas dan jadwal tiap hari. Owhhh dear..kelasku full dari pagi sampe sore, bahkan sehabis shubuh pun akan ada kelas yatu setoran vocab. Alamak…aku kayak dipesantren. Tetapi toengggg ternyta kelas yang ak ambil ga dibuka, keselnya mreka ga kasih tau sejak awal dan dengan enaknya si mas2 bilang “tenang aja uanya dibalikin dan bisa mabil kelas yang lain”, dengan wajah tidak berdosa. Kesel dan pengen tak mki2 rasanya si masnya itu, keliatan bngt ga professional. Tapi lagi2 sabar2,,ini di kampong orang..heuehue…Akhirnya aku ganti kelas dan jadwalku full dari pagi smpe sore, memang cape luarrr binasaa tapi ini adalah tekadku dan ak harus bertanggungjwb dengan keputusanku. Masalah administrasi sudah selesai  aku diantar si mbak2 pengurus camp menuju rumah camp, berjarak sktr 300m. Sampai di camp,,jedarrrrr…..ternyata satu kamar berisi 4 orang, tapi kmarnya sesempit itu,bahkan buat sholat aja susah. Masuklah ke kamar, tetiba ada mbak2 disana dan saling ebrkenalan. Ternyata dia baru datang juga dari Bogor. Aku mandi kemudian sholat dan duduk2 sebentar sambil ngobrol dengan teman baruku ini. Namanya “Tamia”, anak semester 3 kalo tidak salah di Tazkia Bogor. She’s smart girl….
Akhirnya kami berdua memutuskan mencari tempat kos yang layak sja. Berjalan diantara tempat kursus dan rumah2 penduduk desa kami menemukan satu tempat kos yag layak, walopun sedikit mahal tapi taka pa, yg penting bs belajar dengan tenang. Sore itu juga kami pamit sama ibu camp dan pindah ke kos baru. Ibu dan bapak kos cukup ramah dan tempatnya bersih. Malamnya kami brkeliling kampoeng dengan jalan kki, melihat suasana rame dikanan kiri. Ada yang belajar speaking, bersepeda sambil menghafal vocab, menghafal bacaan al Quran. Bukan hanya belajar inggris, tapi bahasa Arab, Jepang, Korea dan Mandarin. Suasana pesantrenpun tercipta disini karena masyarakat disini pun religius dan taat beribadah tepat waktu. Disebelah kanan kiri masih terbentang ssawah dan padi yang hijau terhampar luas. Merasakan suasana damai, tenang dan jauh dari kebisingan kota. Aku merenung setiap pagi, just think “thanks Allah for everything”. Selain itu tugas2 juga mnumpuk, jadi pikiran juga selalu positif dan tidak memikirkan hal2 yang sudah berlalu alias tidka penting. Disini aku menemukan banyak orang dengan motivasi dan tujuan yang sama “beljar bhasa inggris’. Makanan disinipun relative murah dan biaya kursus sangat uriah meriah euyy. Worth it bnget klo pengen sungguh2 belajar.
Begini potret keadaan disana, sayang ga bawa kamera digital heuheu..



Kebetulan hari minggu libur, jadi aku guankan buat jalan-jalan ke Taman kalisuci dan masjid dekat tempat kursus. Disana aku ketemu sama pasangan suami istri penduduk desa setempat yang cukup ramah dan ngajak gojekan. Suatu sore si bapak nanya ke ak “mbak km jauh2 kesni mau bljr apa?’,ak jawab “ pengen bljr grammar biar ngomong enggrisnya sm nulisnya bagus pak”,,si bapak bilang lagi “lah km itu kok yah cm dua minggu, arek ngopo, cm sbntr, emng km bljr inggris mw kemna? Ko Cuma mau nikah dan morotuomu bkn orng londo yoh ga perlu bljr inggris”,,wkkwkwkw..disambut tawa aku sm si ibu, bisa aja pak..Tapi kadang perjalanan akan menemukan sodara & orng2 yg tidak sengaja member pelajaran berharga dalam hidup kita…***iku jareku..
Seminggu sudah berlalu, tiba2 perasaanku ada yang mengganjal. Aku merasa lari dari tanggungjwbku meninggalakan pekerjaan. Saat itu aku memtusukan untuk balik ke yogya, walopun kelas belum selesai. Tapi waktu seminggu sudah sangat berarti untukku. Disna aku belajar banyak dari teacher2nya, dan aku juga banyak mendapatkan sahabat. Mereka tidak mengira kalo usiak sudah angka 28 tahun, mereka mengira aku baru saja lulus kuliah dan ga ada yang percaya klo umurku sdh hampir 30 thun. Ohhh….gusti Allah lah,, opo iki..hahhah…
Aku pamit dengan teacher2 ak dan tentunya teman sekamarku. Waktu itu aku naik ojek menuju stasiun, ongkosnya 40rb saja,kata si bapak ojek “mbak klo ditanya ongkosnya 50rb ya, soalnya biasanya segitu”. Oiya, si bapak ojek ini suami si ibu penjual juice didepan elfast tempat aku les. Si Ibu penjual juice yang selalu ramah ke ak…Alhamdulillah…
Ditengah jalan si bapak ojek menawarkan untuk mampir ke Gumul, oalah ada bangunan mirip di Paris..wkwkkwk…iki Paris van East Java

Tiba distasiun Kediri aku menunggu kereta malioboro express, hanya skitar satu jam aku menunggu. Dikereta rasanya badanku tidak enak, kebetula didepanku ada passangan muda suami istri. Mereka sepertinya memperhatikanku, sejak masuk ke kereta aku tidka minum atau makan sedikitpun. Tetiba mereka menawarkan cokelat dan sari apel. Aku menolak halus, bukan karena apa2 tapi perutku sudah tidak karuan. Tapi mereka spertinya khawatir dan memaksaku untuk menerima mkanannya. Akhirnya aku terima saja, katanya rejeki tidka boleh ditolak hihihi..
Tampak dari jendela kereta kalo diluar sana huja, aku kabarin temen kos untuk menjemputku di staisun Tugu. Jrengggg…sampelah di Yogya dan ak terkapar beberapa hari…uhuk..uhukk…..

No comments:

Post a Comment