6.10.20

10 Cara Menghilangkan Stress Yang Bisa Kamu Coba di Tengah Pandemi Corona

Sumber Foto :Instagram

Tujuh bulan sudah wabah virus corona melanda hampir seluruh negara-negara didunia, tak terkecuali Indonesia. Perubahan yang tiba-tiba memunculkan rasa cemas, ketakutan, perasaan tertekan dan perasaan-perasaan tidak nyaman yang memunculkan adanya stress.

Stress yang terus berlarut tentu tidak baik untuk kesehatan jiwa maupun fisik seseorang. Apalagi untuk terhindar dari virus corona salah satunya adalah dengan imun tubuh yang kuat. Stress yang berlebih tentu akan mempengaruhi kondisi imun tubuh, dimana imun juga akan menurun. Hal ini akan memudahkan virus menyerang tubuh kita bukan?

Ini Dia! Cara Menghilangkan Stress Yang Bisa Kamu Coba di Tengah Pandemi Virus Corona

Namun, sebelum melakukan 10 cara menghilangkan stress akibat pandemi

ini, cobalah untuk mem-breakdown terlebih dahulu masalah atau faktor apa saja yang menjadikan stress. Dengan memilah-milah, paling tidak jadi bisa mengidentifikasi solusi-solusi yang bisa dilakukan nantinya.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan stress agar tetap sehat di tengah pandemi virus corona? 

Nah berikut 10 cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stress akibat dampak adanya wabah virus corona

1. Dekatkan Diri dengan Tuhan YME

photo by ekipujiani

Tidak ada kejadian dimuka bumi yang terjadi tanpa kehendak Allah. Wabah corona atau ujian apapun yang menimpa manusia pasti sudah atas ijin Allah. Manusiawi apabila manusia menjadi stress ketika ditimpa suatu masalah ataupun ujian.

Namun sebagai seorang hamba, tentu kita harus ikhlas dengan kehendak-Nya dengan tetap berikhtiar dan berdoa. Disaat stress menerpa, mungkin malah akan menjadi titik balik manusia untuk lebih dekat dengan Tuhannya. Memperbanyak ibadah, berbuat baik maupaun amal sholeh akan membuat hati lebih tenang. Atau bahkan ketika berdoa kita bisa mengadu sejadi-jadinya kepada Allah SWT tentang segala rasa yang tidak bisa diungkapkan kepada orang lain.

“Dan mencari bantuan melalui kesabaran dan doa; dan memang, itu sulit kecuali untuk tunduk dengan rendah hati (kepada Allah)” (QS 2:45)

Dengan ujian yang datang kita juga akan belajar untuk lebih tawakal, lebih positif dengan apapun ketentuan Allah, serta lebih menyadari bahwa semua didunia ini hanya Titipan.

Menurut saya, cara menghilangkan stress ini adalah cara terbaik dan paling menenangkan. Seseorang yang stress berlebih bahkan merasa tidak mampu lagi menanggung ujian, bisa memunculkan pikiran bunuh diri. Dengan seseorang memiliki pondasi agama dan mengingat Tuhan-nya paling tidak bisa mencegahnya melakukan hal negatif seperti bunuh diri.  

2. Tetap Saling Terhubung dan Saling Support

sumber foto: freepik

Manusia sejatinya memang makhluk sosial. Dengan adanya pembatasan sosial, bekerja dari rumah, bertemu untuk bersilaturahim pun terbatas tentu menjadikan perasaan bosan, rindu, jenuh dan perasaan-perasaan lain hinggap diddalam diri.

Di era digital sekarang ini yang serba canggih, tentunya komunikasi bisa dilakukan melalui berbagai media, seperti video call. Dengan mendiskusikan hal-hal baik atau positif akan memberi energi positif tersendiri sehingga bisa menjadi cara menghilangkan stress.

Cara menghilangkan stress ini cukup mudah dilakukan, meski hanya sekedar bercerita dengan sahabat atau saling support dengan teman-teman sekolah dulu lewat video call akan menambah energi positif tersendiri lho. Bahkan muncul ide baru atau semangat baru. Support system dari keluarga, sahabat atau teman sangat berarti dan dibutuhkan ketika diri sedang merasa down. Trust me..It’s works!

3. Olahraga

Berolahraga akan meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh kita. Hormon endorfin yang dihasilkan akan mencipta rasa “bahagia” didalam diri kita. Meski sekedar berolahraga ringan di dalam rumah dengan menggunakan aplikasi yang ada di gawai akan membantu tubuh kita untuk tetap bugar.

Berjalan beberapa menit disekitar rumah, berjemur dibawah matahari atau hanya sekedar menghirup udara segar di pagi hari akan membuat badan lebih segar dan bersemangat.

4. Makan Sehat

photo by ekipujiani

Menjaga pola makan merupakan salah satu cara menghilangkan stress yang mudah dilakukan sebagian orang. Makanan yang kita konsumsi akan mempengaruhi mood. Kandungan nutrisi yang ada dalam makanan akan mempengaruhi kinerja otak juga. Makan buah di pagi hari selain menyehatkan juga mempengaruhi mood.

Makanan yang bisa meningkatkan mood seperti mengkonsumsi pisang, almond, green tea, dan salmon. Konsumsi buah dan sayuran lebih baik untuk memperbaiki mood, dibanding makanan yang banyak mengandung gula.

5. Ikuti Protokol Kesehatan

Di masa sekarang ini pemerintah sudah memberlakukan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona. Memakai masker, mencuci tangan dan jaga jarak wajib untuk semua warga negara. Paling tidak dengan menggunakan masker bisa mencegah dan melindungi diri serta orang lain disekitar kita.

6. Meditasi/Mindfulness

meditasi/mindfulness
sumber foto : Instagram

Meluangkan waktu untuk melakukan meditasi atau mindfulness dengan berlatih nafas, mengadirkan diri penuh untuk sekarang ini. Mengurangi rasa khawatir berlebih, misalkan khawatir berlebih tentang masa depan akan seperti apa.

Berlatih meditasi/mindfulness bisa dilakukan rutin kapan saja dan dimana saja, misal pagi hari. Selain itu meditasi/mindfulness ini juga akan membuat perasaan lebih tenang dan mudah panik. Apaalagi disituasi pandemi seperti sekarang ini yang semua seba tak pasti.

7. Lakukan Hal yang Bikin happy

photo by ekipujiani

Melakukan hal-hal yang membuat bahagia tentu akan terasa lebih menyenangkan. Dimasa pandemi sekarang ini, kita bisa mencoba melakukan hobi/bakat yang selama ini belum terexplore. Atau melakukan hal-hal yang menyalurkan kreativitas diri. Misal saja berkebun atau menanam tanaman disekitar rumah, membuat kerajinan tangan, mendengarkan musik, menggambar design, belajar membuat bisnis baru, menulis, membuat scrapbook.

Cara menghilangkan stress dengan belajar memulai usaha baru bisa menyalurkan bakat yang selama ini belum pernah dicoba. Selain meningkatkan kreativitas, berbisnis juga akan membuat kita terhubung dengan banyak orang, ilmu baru, belajar berinovasi dan juga menambah penghasilan (cuan..cuan..hee). Bahkan bisa jadi bisnis yang awalnya hanya pekerjaan sampingan bisa menjadi pekerjaan tetap. Bisa intip warung saya di IG Rambak.Ecoo lhoo..(iklan sebentar)

8. Menuliskan emosi

Sumber foto:instagram

Emosi bukan hanya amarah atau sedih, tapi juga bisa dalam bentuk bahagia. Berbagai masalah, peristiwa, pikiran atau apapun yang muncul bila dibiarkan menumpuk akan menjadi bom waktu. Bom waktu yang bisa meledak kapan saja. Dengan menuliskan berbagai emosi yang ada dalam benak, paling tidak akan membantu menguraikannya. Perasaan lega ketika menuliskan akan membantu mengurangi beban pikiran sehingga mengurangi tingkat stress.

9. Jaga Pola Tidur

sumber foto: Instagram ursleep
Hampir semua orang tahu, bahwa kurang tidur akan memicu stress. Cara untuk menghilangkan stress bisa dengan menjaga pola tidur kita. Jam tidur untuk orang dewasa sekitar 7 smapai 8 jam. Sebelum tidur bisa dicoba dengan menjauhkan diri dari TV, gawai atau batasi scroll sosial media. Banyaknya berita dari berbagai linimasa akan berpengaruh pada pikiran kita. Pikiran tersebut bisa terbawa alam bawah sadar dan mengganggu kualitas tidur.  

10. Mencari Bantuan Profesional Kesehatan

Sumber foto:freepik

Bila dirasa tingkat stress sudah memuncak bahkan adanya gejala depresi, cobalah untuk datang kepada profesional, seperti psikolog/psikiater. Dengan datang kepada profesional siapa tahu bisa membantu untuk menemukan solusi, bisa jadi tempat bercerita, dukungan atau saran.

Meski kadang ada yang melihat kalau datang ke psikolog itu dikira orang sakit jiwa dll, tapi tak mengapa. Saya pernah mengalami sendiri hal ini. Padahal saya hanya ingin bercerita dan mendapatkan saran dari sisi psikolog.

Tentunya cara pandang seorang psikolog akan berbeda dengan orang awam. Nah, tapi dari situ lah kita jadi lebih tahu bagaimana sekiranya solusi untuk permasalahan kita. Dan ada perasaan lebih lega karena bisa bercerita.  

Nah, dari 10 cara menghilangkan stress di tengah pandemi corona ditas mungkin ada yang bisa coba di praktekkan. Kunci utama cara menghilangkan stress tentu dengan ketekunan berlatih untuk menghilangkan stress itu sendiri. Tiap orang pasti punya cara masing-masing sesuai selera eh kepribadian maksudnya. Masih banyak diluar sana mungkin cara-cara yang belum tertuliskan disini. Yup, kreativitas orang berbeda-beda. Keep strong lads!

Eqi 😙

3 comments:

  1. Lakukan hall yang bikin hepi it's a must ya, mak. Karena bisa bikin hilang stres dan naikin imunitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mak Ran, paling engga biar ga bosen2 banget...

      Delete