30.6.21

Cara Mengganti PIN ATM Mandiri dari Luar negeri

 Hai..hai…

Pernah mengalami kartu ATM debit terblokir sehingga gak bisa login ke mobile banking? Yuup, kali ini aku mau sharing tentang pengalaman tersebut. Beberapa hari lalu ketika akan akses /login aplikasi Livin Mandiri (mobile banking bank Mandiri) di ponsel pintar tetiba saja gak bisa. Semacam ter-logout dari sistem. Muncul notifikasi di layar HP untuk menghubungi layanan Mandiri Call 14000.

Aku coba menghubungi layanan call center Bank Mandiri di 14000. Seperti biasa mba-mba customer service menanyakan perihal keluhan apa dan verifikasi data. Mulai tanggal lahir, tempat tinggal dan

nama ibu kandung (udah tau lah yaa kalo ini...). Kadang step ini lumayan nguras waktu dan pulsa juga ya hee..

Aku sampaikan bahwa ketika akan login ke Livin Mandiri terjadi error alias gak bisa, sudah aku coba untuk install ulang aplikasi Livin-nya. Kupastikan juga 16 angka didepan kartu debit dan tanggal lahir sudah benar. Namun responnya selalu data verification gagal (seperti gambar dibawah ini).

error livin mandiri
Verifikasi login Livin Mandiri
 

Mba CS (Customer service) lalu menanyakan enam belas (16) digit angka yang tertera pada bagian depan kartu debit Mandiri. Beberapa saat aku disuruh menunggu, untuk dilakukan pengecekan status kartunya. Hasilnya status kartu debit ternyata dalam keadaan terblokir dari sistem Bank Mandiri karena belum pernah ganti PIN ATM. Ohh..my Goodness…Kata mba CS pergantian PIN secara berkala memang penting. Olalala….

Lalu aku tanyakan bagaimana cara pergantian PIN ATM? Ada dua pilihan yaitu, datang langsung ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat atau mesin ATM Mandiri. Oh, Tidak marimar!!…Aku jelaskan bahwa posisi  sedang di Perth (Australia), tentu saja belum ada ATM Mandiri ataupun kantor cabang Bank Mandiri. Mb CS hanya menyarankan itu saja, belum ada win-win solution. Malah parahnya disuruh hubungi kantor cabang Bank mandiri pada saat awal pembukaan rekening. Makin ribet yaa..sabar…

Sempat aku tanyakan, bagaimana kalau diwakilkan saudara yang berada di Indonesia? Mba CS infokan bahwa pergantian PIN itu privacy nasabah, jadi sekalipun diwakilkan harus nasabah langsung yang koordinasi dengan kantor cabang Bank Mandiri (kantor awal permbukaan rekening) bahwa pergantian PIN ATM dikuasakan kepada saudaranya. Ohhh..lelah…

Aku coba menelfon lagi, layanan Call center 14000 untuk ketiga kalinya. Apakah ada solusi lain untuk nasabah yang sedang di Luar negeri. Tetap ya, kalau telfon ke Call center harus semacam ngulang lagi dari awal. Mulai verifikasi data dan permasalahan apa yang dialami. Aku jelaskan kondisinya seperti apa, dengan kondisi pandemi yang masih seperti ini tentu belum bisa pulang ke Indonesia. Selain itu, sangat urgent untuk bisa akses login ke Livin Mandiri.

Akhirnya dibuatkan laporan oleh mba CS kepada tim terkait mereka (bank Mandiri) untuk kendala yang aku alami. Setelah itu aku diinfokan oleh mb CS untuk menghubungi layanan 14000 tiga jam kemudian, untuk tahu hasil laporannya seperti apa.

Tiga jam kemudian, aku coba menelfon layanan call center mandiri (14000) lagi. Jeng..jeng..hasilnya ternyata laporan sudah diterima tim terkait, namun belum ada solusi yang diberikan. Walhasil, aku disuruh menghubungi lagi keesokan harinya. Hmmm…tarik nafas panjang..

Keesokan harinya, aku sengajakan untuk menelfon agak siang. Prepare for the worst deh. Dan seperti biasa, harus verifikasi data lagi, nomor rekening, 16 angka didepan kartu debit, bla..bla..bla…hayati lelah deh..

Mba CS akhirnya menginfokan untuk status laporan sudah ada solusi dari tim terkait, untuk kartu debit sudah diaktivasi (tak terblokir) dan aku akan disambungkan ke mesin IVR untuk pergantian PIN baru. Mba CS menyampaikan nomor laporan untuk dimasukkan nanti ketika ditanya mesin IVR.

Nah, perlu diketahui pergantian PIN baru bisa dilakukan bila ingat PIN lama. Jangan sampai lupa PIN ATM sendiri ya fren (hehehe). Beberapa detik kemudian aku sudah tersambung dengan mesin IVR (semcam mesin penjawab otomatis gitu). Beberapa pertanyaan dari mesin IVR antara lain:

  1. 16 digit angka didepan kartu debit
  2. Tanggal , bulan, tahun lahir
  3. 6 digit PIN ATM lama
  4. Masukan 6 digit PIN ATM baru
  5. Ulangi lagi 6 digit PIN ATM baru
  6. Angka nomor laporan yang diberikan oleh mba CS

Setelah itu, jika berhasil maka mesin IVR akan menginfokan bahwa PIN baru berhsil dan kartu sudah bisa digunakan.

Aku coba untuk login ke Livin mandiri dan Alhamdulillah berhasil. Info dari mba CS bahwa ketika PIN baru sudah berhasil maka kartu debit otomatis sudah aktif. Baik layanan Livin (mobile banking) dan transaksi lewat ATM bisa dilakukan.

Memang panjang, ruwet juga prosesnya (latihan sabar mungkin heuheu). Selain itu juga jadi tahu kalau pergantian PIN memang wajib berkala, yah buat jaga-jaga juga kan.

Itulah sekelumit cerita dari aku, semoga ada yang bisa diambil pelajarannya & bermanfaat . Terimaksih CS Bank Mandiri yang sudah membantu. 

 

 Eqi

 

No comments:

Post a Comment