30.10.20

Hari Blogger Nasional, Yuk Nge-Blog Asik Ala Emak

Blog-graphic-nge-blog-asik-versi-diri-sendiri
Blog-graphic-nge-blog-asik-versi-diri-sendiri (designed by ekipujiani)

Sejarah Hari Blogger

Entah kenapa saya tiba-tiba ingin tahu sejarah tentang penetapan hari blogger. Saya coba searching di mesin pencarian Google. Dari hasil beberapa artikel yang saya baca hari blogger nasional dicanangkan pada tanggal 27 Oktober 2007 oleh Mentri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh. Dengan perkembangan zaman, diharapkan blogger bukan hanya sebagai tempat curhatan pribadi tapi juga bisa memberi manfaat misalkan membuka peluang bisnis didunia nyata. Mungkin seperti sekarang ini ya, misal untuk riview produk, endorsement dll.

https://tekno.kompas.com/read/2011/10/27/18033547/hari.blogger.nasional.sejarah.dan.perkembangannya#:~:text=Hari%20Blogger%20Nasional%20pertama%20kali,pembukaan%20Pesta%20Blogger%20tahun%20itu.&text=Blog%20menjadi%20semakin%20populer%20di,Ambil%20contoh%20Raditya%20Dika.

 Apa Alasanmu Nge-Blog?

Awal membuat blog saat itu sedang galau. Saya sering menulis di kertas atau dibuku. Di satu momen saya pernah mencari tahu tentang

suatu informasi.Kemudian saya menemukan artikel-artikel para blogger yang membantu saya menemukan informasi yang saya cari. Bahkan dari beberapa blog saya bisa mendapat ilmu/pengetahuan baru, sudut pandang baru, merasa tersemangati/terinspirasi untuk bangkit dan lebih baik lagi. Tulisan memang bisa membuat paradigma atau bahkan mengubah jalan pola pikir seseorang.

Dari duduk di bangku Sekolah Dasar saya sudah senang membaca buku. Setelah bisa membeli buku sendiri, saya membeli buku-buku yang bisa menjadi asupan otak. Membaca tulisan melalui blog atau buku membuat saya terinspirasi untuk menuliskan apa-apa yang sekira memberi manfaat untuk diri dan orang lain. Saya menuliskan sesuatu yang memang saya tahu dan sudah saya lakukan. Sebagai seorang penulis yang berintegritas ceunah (ciee…). Syukur-syukur tulisannya nanti bisa jadi sebuah karya “Buku”. Sebagai ladang ibadah. Aamiin

Lalu mau dibawa kemana Blognya?

nge-blog-asik-mau-dibawa-kemana-blognya
nge-blog-asik-mau-dibawa-kemana-blognya (designed by ekipujiani)

Sejak 2014 saya mencoba membuat blog, isinya masih palugada (Apa lu mau gua ada). Saat itu blog sebagai diary curhat online. Isinya tentang seputar kehidupan sehari-hari, dilema seorang pekerja kantoran, kejadian sekitar, perjalanan ke beberapa daerah di indonesia, beasiswa dan pemikiran-pemikiran lainnya. Sudah seperti permen nano-nano, rame rasanya (hahaha..). Penulisan juga masih belum tahu yang namanya SEO, back link dll. Pokoknya tempat menuangkan segala unek-unek, pikiran, sedih. Ya kali tong sampah mbakeee…

Rasanya masih belum layak kalau saya melabel-kan diri menjadi seorang blogger. Masih banyak yang harus diperbaiki, apalagi yang namanya konsisten dalam menulis. Meski belum konsisten, usaha untuk terus berkembang selalu ada. Bisa, karena terbiasa. Mungkin itu yang harus ditanamkan dalam hati dan pikiran. Bagaimana menjaga konsisten itu sendiri? Menunggu kapan mood untuk menulis rasanya entah kapan. Lebih baik tulis dahulu, menemukan mood kemudian. (Jurus ampuh ini..heee)

Sekitar sebulan lalu, saya mencoba ikut kelas blogging pemula yang diadakan oleh Kumpulan emak Blogger (KEB). Awalnya saya membuka facebook, kemudian di group KEB ada pengumuman dibuka kelas blogging untuk pemula. Tanpa berpikir panjang, saya mencoba mendaftar. Niat tulus aja, kalau rejeki semoga lolos dan dimudahkan. Karena diluar sana pasti banyak yang ingin ikut kelasnya juga, apalagi free. Alhamdulillah beberapa hari kemudian ada pengumanan di timeline facebook KEB kalau lolos untuk bisa ikut kelas.

Pembelajaran kelas blogging ini lewat online, setiap hari selasas malam selama empat minggu. Beberapa mentornya antara lain Mak Indah, Mak Ranny, Mak Efi, Mak Langit, Mak Ety Abdoel. Selain itu juga ada beberapa makmin KEB, Mak Elly Nurul sebagai ketua KEB, mak arinta dll. Satu kelas ada sepuluh peserta. 

Materi yang disampaikan tentang template blog, SEO, story telling serta diskusi-diskusi lewat group WA. Nanti saya akan ulas tersendiri mengenai kelas blogging ini. Intinya dari sana ada semacam titik balik, dalam benak terlintas, emang mau dibawa kemana blog saya? Atau hanya sekedar ikut kelas tanpa ada progress apa-apa? Ibaratnya mau ada yang baca ya syukur kalau engga juga sabodo teuing, gitukah?

nge-blog-asik-be-best-version-of-you (designed by ekipujiani)

Menulis hal yang membuat kita kembali membacanya berulang tentunya akan mengasikkan. Sekarang ini, Ibaratnya saya sedang proses mencari jatidiri akan seperti apa blog saya kedepannya. Dengan coba memulai menggali apa yang menjadi hobi, passion, ilmu dan pengalaman yang saya miliki. Tentunya yang dunia juga memerlukan hal tersebut. Tanpa harus meng-copy (plagiat) karya orang lain. Kurang lebih seperti itu nge-blog asik versi diri saya sendiri.

Setiap orang punya garis edarnya sendiri-sendiri, kayak planet aja yak (hahaha). Seperti bunga yang akan mekar dan mewangi pada waktunya. At least but not last Be best version of U ! 

Selamat Hari Blog Nasional 2020! Selamat Nulis asik sesuai versi dirimu yaa…😚

 

Eqi

 

 

 

No comments:

Post a Comment