2.10.20

Hari Batik Nasional 2020

 Hari Batik Nasional 2020 dikala pandemi Corona

hari-batik-nasional-2020-kbri-wellington-challanges
                                                          photo by ekipujiani
Hari Batik Nasional di peringati setiap tanggal 2 Oktober. Batik saat ini sudah mendunia. Aneka motif dan style batik sudah bertebaran di penjuru dunia. Tentunya ini menjadi nilai tersendiri, khususnya bagi bangsa Indonesia. 

Nah, di Hari Batik Nasional 2020 ini saya memakai blazzer yang terbuat dari kain batik asli Yogyakarta.

Corak warna kuning, biru dan pink memiliki nuansa cerah tersendiri. Kain batik yang saya beli ketika

jalan-jalan berkeliling Malioboro. Kemudian saya rancang model sendiri. Jahitnya pun hanya di penjahit lokal di kota Yogya. Selain bisa bebas menentukan model yang kita mau, penjahit lokal juga harganya lebih murah. Dapur penjahitpun bisa terus mengepul. 

Hari Batik Nasional 2020 memberi warna tersendiri. Karena kondisi saat ini yang masih pandemi corono, tak ada upacara seperti biasanya sepertinya.

Dalam rangka Hari Batik Nasional 2020, saya ikut challenge yang diadakan KBRI Wellington di NewZealand melalui akun Instagram. karena saya suka banget pakai batik, terus kayak pengen aja jaga budaya bangsa. (halah--halah...---)

hari-batik-nasional-2020-love-batik

Tanpa sengaja buka-buka tumpukan baju menemukan rok batik yang dibuat saat acara nikahan salah satu sahabat. Saat itu mba penjahit menanyakan apakah akan dibuat model jarik solo atau yogya? Hmm..apa bedanya? ternyata untuk adat Solo dan Yogya punya perbedaan arah lipatan kain jarik. Akhirnya waktu itu dibuat sesuai adat Yogya. Di hari batik nasional 2020 ini saya berniat mendokumentasikan kain jarik tersebut, agar kelak bisa jadi cerita atau sekedar untuk dikenang. 

Motif-batik-solo-yogya-kain-jarik-hari-batik-nasional-2020

Bila jalan-jalan ke kota Solo, bisa singgah di museum batik Danarhadi solo. Disana banyak kain batik lengkap dengan penjelasan makna setiap motifnya. Bahkan tiap motif batik punya aturan sendiri kapan dipakai. Jangan sampai keliru motif untuk acara berduka dipakai saat acara nikahan atau kondangan (hahha). Yuk, di hari batik nasional 2020 ini kita lestarikan budaya bangsa. 

Selamat hari batik nasional 2020



2 comments:

  1. MasyaAllah begitu kaya budaya Indonesia ya mbak, lipatan kain aja sampe beda2 gitu. Baru tau ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, ak juga baru tahu karena penjahitnya waktu itu orang yogya asli. Jadi ngasi tahu :)

      Delete